PROGRAM STUDI TARBIYAH

Fasilitas Jurusan Tarbiyah
LABORATORIUM TARBIYAH
Laboratorium
penunjang bagi proses perkuliahan mahasiswa jurusan Tarbiyah. Selain
menyelenggarakan praktikum yang membekali mahasiswa untuk menjadi a good
class teacher (yaitu guru kelas yang metodis, kompeten, akrab teknologi
informasi untuk pembelajaran dan berkebribadian) juga praktikum
komunikasi dakwah untuk menyiapkan juru dakwah yang handal. Laboratorium
ini juga menyelenggarakan berbagai pelatihan, lokakarya, penelitian dan
pengkajian untuk pengembangan teori, model/teknologi pembelajaran dan
lain-lain. Untuk itu, laboratorium ini dilengkapi ruang micro Teaching
dan ruang Komunikasa Dakwah beserta perangkatnya.
Latar Belakang
Jurusan
Tarbiyah (Prodi. Pendidikan Agama Islam) Fakultas Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Malang dalam rumusan misinya menyebutkan tiga
hal: pertama, menyelenggarakan pendidikan tingkat Sarjana
Strata Satu (S1) yang berbasis riset sebagai pijakan pengembangan kajian
keislaman dan kependidikan Islam. Kedua, mengembangkan
kemampuan metodologis kepada mahasiswa Strata Satu untuk melakukan
kajian dan penelitian di bidang keislaman dan kependidikan. Dan ketiga, mengembangkan keahlian dan keterampilan mahasiswa yang mendukung profesi di bidang kependidikan.
Dari misi yang diembannya ini, Jurusan Tarbiyah berharap dapat
melahirkan Sarjana Pendidikan Islam yang memiliki integritas intelektual
dan moral sesuai dengan bidangnya dengan kualifikasi: a) Menguasai
ilmu-ilmu keislaman, normatif maupun historis, dan melaksanakannya dalam
kehidupan pribadi dan masyarakat; b) Menguasai ilmu-ilmu kependidikan
Islam, baik pada dataran konsep, teoritik maupun praktis; dan c)
Mengusai dasar-dasar metodologi untuk mengembangkan ilmu-ilmu keislaman
dan kependidikan Islam.
Untuk mencapai tujuan di atas, Jurusan
Tarbiyah sudah semestinya menyediakan milliu dan proses pembelajaran
yang kondusif bagi civitas akademikanya (baca: Dosen dan Mahasiswa)
dalam mengembangkan integritas keilmuan, keberislaman, penelitian dan
pengabdian kepada masyarakat. Salah satu sarana pendukung akademik untuk
menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif itu adalah
laboratorium pendidikan.
Walaupun hanya sebagai unsur penunjang
kegiatan akademik, keberadaan laboratorium di suatu perguruan tinggi
sungguh merupakan sebuah keharusan (conditio sine quanon). Hal ini mengingat bahwa pertama,
laboratorium merupakan wadah pemusatan bidang keilmuan, teknologi dan
atau kesenian tertentu, tempat otoritas dan integritas akademik
ditumbuhkembangkan. Kedua, secara fungsional, penyelenggaraan seluruh kegiatan akademik di perguruan tinggi harus dilandaskan pada laboratorium; dan ketiga,
laboratorium merupakan sarana mahasiswa untuk lebih mudah memahami
persoalan-persoalan yang dihadapi di ruang kuliah, selain meningkatkan
keterampilan mereka dalam mengerjakan sesuatu. Berdasar uraian inilah
laboratorium Tarbiyah ini dibangun.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar